PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN
Makalah ini dilatarbelakangi oleh tinjauan pendidikan yang
akan datang (di masa depan), dengan faktor-faktor yang menentukan pendidikan
Indonesia nantinya, maka tindakan antisipatif dan adaptif yang tepat dan
berwawasan luas dianggap akan mampu mewujudkan pencapaian tujuan pendidikan.
Sejalan dengan prinsip pendidikan yang dikemukakan Kasmadi (1992), hendaknya
diterapkan dalam perkembangan dunia yang semakin global dengan tantangan utama
(oleh Pannen : 1999) masalah nilai tambah dan kesejahteraan, hilangnya batas negara
dan dominasi ilmu pengetahuan dan teknologi pada negara-negara berkembang.
Dalam pada itu kesulitan-kesulitan yang dihadapi pendekatan tradisional dan
konvensional dalam pemecahan masalah pendidikan menghantarkan pada perlunya
pemanfaatan teknologi dalam pendidikan. Makalah ini dibatasi pada pemanfaatan
teknologi dalam pendidikan secara umum, yaitu cara pemanfatan teknologi dalam
pendidikan.
1. Teknologi Dalam Pendidikan
Berdasarkan beberapa pendapat, pemakalah menyimpulkan
Teknologi merupakan penerapan (aplikasi) dari sains yang bertujuan untuk
memenuhi kebutuhan manusia dan mempercepat pencapaian tujuan dari setiap
kegiatan yang akan dilakukan. Sedangkan pendidikan dapat diartikan secara
sempit (formal) maupun luas (formal maupun nonformal). Dalam hal ini pendidikan
diartikan secara alternatif sebagai usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga,
masyarakat dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau
latihan yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat untuk
mempersiapkan peserta didik agar dapat memainkan peranan dalam berbagai
lingkungan hidup secara tepat di masa yang akan datang.
Teknologi dalam pendidikan mencakup setiap kemungkinan
sarana (alat) yang dapat digunakan untuk menyajikan informasi dalam pendidikan dan
latihan. Ellington (1989) menyatakan bahwa teknologi dalam pendidikan pada
dasarnya adalah apa yang oleh teknologi pendidikan dipopulerkan dengan nama
alat bantu pandang dengar (audiovisual aid). Selanjutnya dikembangkan dalam
pembelajaran untuk pencapaian tujuan pembelajaran tertentu. Teknologi dalam
pendidikan merupakan perpaduan Aspek Teoritis Dalam Pendidikan, Aspek
Perangkat Keras (komponen yang saling bergantung tetapi tidak berbeda satu
sama lainnya) dan Aspek Perangakat Lunak (berkenaan dengan benda yang
dipakai pada perangkat keras).
2.
Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan
Pengguanaan
teknologi telah berjalan lama sesuai perkembangan dan aspeknya. Eric Hasby
membagi revolusi dalam pendidikan menjadi 4, yaitu: Pertama, saat
masyarakat mendiferensiasikan peranan orang dewasa, Kedua, digunakannya
tulisan sebagai sarana pendidikan, Ketiga, ditemukannya mesin cetak dan Keempat,
penggunaan teknologi canggih sebagai perkembangan bidang elektronik. Dari apa
yang dialami ternyata bahwa terdapat hubungan timbal balik antara teknologi dan
pendidikan, hal ini lebih terkhusus lagi dengan teknologi komunikasi.
Kecenderungan
pendidikan yang dikaitkan dengan perkembangan teknologi komunikasi dikemukakan
Miarso dan Iskandar (1974) sebagai berikut :
a. Kecenderungan pendidikan
sepanjang jaga
b. Pendidikan gerak cepat
tetapi tepat
c. Pendidikan yang mudah dicerna dan
diresapi
d. Pendidikan yang memikat
hati
e. Penyebaran pusat pendidikan
f. Pendidikan mustari (tepat
pada saat penyampaiannya)
g. Pendidikan yang murah
Kegunaan
teknologi dalam pendidikan dinyatakan Komisi Instruksional AS, sebagai
berikut :
a. meningkatkan produktivitas
pendidikan
b. memungkinkan pendidikan
individual
c. memberikan dasar yang lebih
ilmiah terhadap pengajaran
d. lebih memantapkan pengajaran
e. memungkinkan belajar seketika
f. memungkinkan penyajian pendidikan
lebih luias dan merata
Agar
penggunaan teknologi dalam pendidikan tepat sasaran, maka pengelola pendidikan
harus mengetahui klasifikasi teknologi dalam pendidikan, di antaranya :
teknologi tingkat rendah, media audiovisual, format komputer, telekomunikasi
dan teknologi lunak.
3.
Implementasi Teknologi Dalam Pendidikan
Implementasi
teknologi dalam pendidikan dapat dilihat pada sektor berikut:
a. Pendidikan Dasar dan Menengah, teknologi
diharapkan mempengaruhi peningkatan motivasi, menguatkan pengajaran,
meningkatkan lingkungan psikologi di dalam kelas
b. Pendidikan Tinggi, penggunanan teknologi
dimaksudkan untuk merangsang dan memotivasi mahasiswa dalam mengembangkan intelektualnya
sehingga dapat mengembangkan penelitian dan pengembangan ilmu baik teoretis
maupun terapan
c. Belajar Jarak Jauh, menyediakan media perantara
antara pelajar dan lembaga pendidikannya
d. Pendidikan Luar Biasa, berfungsi sebagai alat
bantu bagi anak-anak yang menglami kelainan
e. Pendidikan dan Latihan, berpengaruh langsung
terhadap persiapan tenaga kerja yang semakin kompleks untuk menghasilkan tenaga
terampil
f. Dalam Pendidikan Matematika, hal ini berkaitan
dengan program-program yang telah disiapkan, alat peraga dan penyelesaian
soal-soal
g.
Dalam Pendidikan Sains, beruapa aplikasi program komputer dan sistem
pemodelan
h. Dalam Pendidikan Bahasa,
berkaitan dengan penulisan, mendengarkan, telekomunikasi dan lainnya.
Simpulan
Teknologi dalam pendidikan merupakan bagian dari konsep teknologi pendidikan berupa media untuk memperlancar kegiatan instruksional. Potensi penggunaan teknologi dalam pendidikan berkaitan dengan usaha peningkatan produktivitas pendidikan, memungkinkan pendidikan bersifat individual, cepat dan lainnya. Implementasi teknologi dalam pendidikan hendaknya selektif sesuai konteks sesuai karakteristik si belajar dan tingkat kognitifnya.
Teknologi dalam pendidikan merupakan bagian dari konsep teknologi pendidikan berupa media untuk memperlancar kegiatan instruksional. Potensi penggunaan teknologi dalam pendidikan berkaitan dengan usaha peningkatan produktivitas pendidikan, memungkinkan pendidikan bersifat individual, cepat dan lainnya. Implementasi teknologi dalam pendidikan hendaknya selektif sesuai konteks sesuai karakteristik si belajar dan tingkat kognitifnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar